Senin, 21 Agustus 2017

RPP KELAS 1 KELUARGAKU PEMBELAJARAN 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan        :  MI
Nama Sekolah             :  MI PIAT TANJUNG SETEKO
Kelas/Semester            :  1/1 (Satu)
Tema                           :  Keluargaku
Subtema                      :  Anggota Keluarga
Pembelajaran ke-         :  2
Alokasi Waktu            :  1 Hari (5 x 35 Menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencermikan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Bahasa Indonesia
             Kompetensi Dasar
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/ bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/ bagan silsilah.
Indikator:
3.10.3   Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat
             sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10.2   Menjawab pertanyaan tentang nama ayah, ibu dan kakak atau adik.

             PJOK
             Kompetensi Dasar
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1. Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
            Indikator:
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah.


C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
2.         Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah secara berkelompok dengan penuh kerjasama.
3.         Melalui kegiatan mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah, siswa dapat memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
2.    Prosedur gerakan berjalan satu arah








 


























E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
2.      Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan)

F.     Media dan Alat Pembelajaran
• Buku pegangan siswa.
• Tali rafia untuk garis pembatas antar kelompok barisan.
• Tongkat estafet 2 buah, atau dapat diganti dengan tongkat yang lain
   yang mudah didapatkan.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan doa bersama.
2.    Memeriksa kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
3.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
4.    Siswa menyimak arahan guru tentang pentingnya sikap syukur, santun, percaya diri, dan kerjasama.
5.    Siswa menyimak review materi pertemuan sebelumnya yaitu perkenalan keluargaku. Guru juga menekankan pentingya rasa syukur atas karunia Tuhan berupa keluarga yang bahagia.
15 menit
Kegiatan Inti
1.        Siswa diminta mengamati gambar dan teks keluarga Udin sedang berolah raga.
2.        Siswa menyimak cerita guru tentang gambar dan teks tersebut.
3.        Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab tentang gambar dan teks tersebut.
4.        Siswa menyimak penguatan guru tentang sikap syukur atas karunia Tuhan berupa badan yang sehat. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu berolah raga.
5.        Siswa diminta menceritakan kegiatan olahraga yang pernah dilakukan bersama orang tua.
          ~~Apa jenis olehraganya?
          ~~Kapan waktunya?
          ~~Bagaimana perasaan mereka ketika itu?
6.        Ajaklah siswa ke halaman sekolah.
7.        Siswa bersama guru, melakukan gerakan pemanasan.
8.        Setelah itu, bagi siswa menjadi 2 kelompok besar. Setiap kelompok membentuk barisan dari depan ke belakang. Namailah masingmasing kelompok dengan nama anggota keluarga, misalnya kelompok ‘Kakak’ dan kelompok ‘Adik’. Buatlah garis pembatas dari tali rafia yang memisahkan antar 2 kelompok. Jarak antar kelompok dari garis pembatas kurang lebih 10 meter.
9.        Untuk menambah keceriaan, mintalah siswa bermain ‘lakukan kebalikannya’. Prosedurnya, guru memberikan instruksi ‘maju’, maka barisan siswa harus melakukan gerakan kebalikannya yaitu ‘mundur’. Variasikan dengan berbagai instruksi, misalnya mundur, ke kanan, ke kiri, 1 langkah ke belakang, dan sebagainya
10.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas melakukan prosedur gerakan berjalan lurus satu arah.
11.    Siswa mengamati contoh yang diberikan guru dalam melakukan prosedur bergerak satu arah, yaitu:
         ~~Posisi badan tegak.
    ~~Pandangan mata ke depan.
    ~~Melangkah biasa dengan koordinasi gerakan
        tangan dan kaki sesuai.
    ~~Arah berjalan lurus (tidak menyamping)
         menuju satu arah.
12.    Berikan penjelasan bahwa, secara bergantian, masing-masing anggota kelompok, dimulai dari siswa paling depan (siswa nomor 1)akan berjalan lurus menuju garis pembatas dengan membawa tongkat. Sesampai di garis pembatas, mereka akan saling bertanya jawab tentang nama ayah, ibu, kakak, atau adik.
13.    Setelah selesai, siswa menyerahkan tongkat kepada siswa nomor 2. Siswa nomor 1 kembali ke kelompok masing-masing menuju posisi paling belakang.
14.    Siswa nomor 2 melakukan tanya jawab yang sama sebagaimana dilakukan siswa nomor
15.    Kegiatan diteruskan sampai semua siswa saling bertanya jawab tentang nama ayah, ibu, kakak, atau adik.
16.    Akhiri kegiatan dengan yel-yel penyemangat dan istirahat sejenak.
17.    Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
18.    Siswa berlatih menuliskan nama diri, nama ayah dan nama ibu.
145 Menit
Penutup
1.        Siswa berpasangan saling menceritakan kegiatan pembelajaran hari ini.
2.        Siswa bersama guru melakukan refleksi :
          ~~Materi apa saja yang telah dipahami?
          ~~Materi apa saja yang belum dipahami?
         ~~Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh
              siswa lebih lanjut?
         ~~Bagaimana perasaan selama pembelajaran
                berlangsung?
1.        Siswa menyimak penguatan materi yang disampaikan guru.
2.        Siswa menyimak kembali arahan guru akan nilai-nilai kasih sayang dalam keluarga.
3.        Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap syukur, santun, dan percaya diri.
4.        Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pada esok hari, yaitu kegiatan berolah raga sambil memperkenalkan diri. Mintalah siswa langsung memakai seragam olah raga dari rumah.
5.        Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas dan doa bersama.
15 Menit

H.    Penilaian
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan nama anggota keluarga inti.
Tuliskan nama keluargamu.
1. Namaku ....
2. Nama Ayahku ....
3. Nama Ibuku ....
           ~~ Jumlah soal 3.
           ~~ Jika jawaban benar, skor = 2
           ~~ Skor maksimal = 2 x 3 = 6
           ~~ Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh
                                             Skor maksimal              x 100 = ....

3. Penilaian Keterampilan


 













 
























                                                                                              Tanjung Seteko, ................... 2017
Kamad MI PIAT                                                                  Guru Kelas I



ZULKARNAIN,S.Pd.I                                                         ARNINA,S.Pd.I
NIP.19710129 200501 1 003                                                NIP.19830407 200501 2 006

1 komentar:

  1. The Casino, Hotel, Spa and Hotel - Dr.MCD
    Dr.MCD, the world's 충주 출장안마 first and best integrated entertainment 부천 출장샵 resort destination, is 전주 출장샵 honored to host 밀양 출장마사지 the very best 김제 출장마사지 event in Las Vegas.

    BalasHapus